Ambulance

Minggu, 17 Februari 2013

PMI Klaten Gelar Lomba Sekolah Siaga Bencana



KLATEN–Ribuan siswa SMP, SMA dan SMK mengikuti lomba Sekolah Siaga Bencana yang berlangsung di komplek Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam IV Diponegoro Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten,  Sabtu-Minggu (9-10/2/2013).
Kegiatan itu meliputi simulasi siaga bencana, pembuatan desiminator, penyuluhan siaga bencana, penanganan kebakaran, vertical rescue, komunikasi, dapur umum dan simulasi pertama dan pelayanan kesehatan.
Kegiatan ini diikuti 3.000 lebih peserta dari kalangan pelajar baik SMP, SMA dan SMK di Klaten.
Sebagai juri dalam lomba ini diantaranya, dari PMI Kabupaten Klaten, Tim SAR Klaten, BPBD Klaten, perwakilan pendidikan dan relawan. Dalam lomba itu para peserta akan memeragakan berbagai ketrampilan pertolongan bencana.  Beberapa bulan terakhir, PMI giat melakukan pembinaan tentang ke-PMI-an kepada guru dan siswa SMP, SMA/SMK baik negeri maupun swasta. Hal itu dilandasi pertimbangan bahwa Klaten merupakan daerah rawan bencana, baik bencana gempa, tanah longsor, gunung meletus, angin ribut dan banjir.
Foto Penyuluhan Siaga Bencana











Latihan Penanganan Kebakaran













Vertical Rescue



















Latihan SAR Air



























Pengenalan Dapur Umum













Simulasi Bencana













Latihan Pelayanan Kesehatan










Adapun yang menjadi juara umum tingkat SMP adalah SMP Negeri 1 Karanganom. Sedangkan juara umum tingkat SMA adalah SMK Negeri 2 Klaten.





















Saran & kritik bisa langsung dikirim ke : ianbrillian0@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar